Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengalihkan halaman login hotspot mikrotik ke versi mobile

Gambar dari http://www.transformsolution.com
Tulisan kali ini berhubungan dengan mikrotik, kategori yang belum pernah ada pada blog saya ini :D
Mikrotik sering di gunakan sebagai sistem hotspot pada kafe, warnet ataupun rt/rw net seperti yang saya kelola (doain tambah banyak ya klien saya :D ).  Mikrotik menggunakan autentikasi halaman login sebelum penggunanya mengakses halaman web. Halaman login ini sudah tersedia pada mikrotik. Dan contoh desain halaman login pun sudah bertebaran banyak di internet (saya menggunakan contoh yang paling sederhara saja :malus )
Langsung saja mari kita praktekkan. Oh ya, biar ada gambaran, sebelumnya monggo di lihat struktur file & direktori halaman login hotspot yang akan di bahas ini.
struktur file & folder mikrotik login hotspot
Pada contoh saya ini, halaman login versi mobile saya taruh pada direktori / folder mobile dengan desain halaman yang sangat minimalis. Pada contoh kali ini, saya hanya memberikan contoh pada halaman login saja, karena pada tulisan ini hanya fokus pada tutorial mengalihkan halaman login secara otomatis.
Agar halaman login bisa di alihkan secara otomatis ke halaman login versi mobile ketika menggunakan gadget, anda harus mengunduh beberapa file agar script untuk mengalihkan halaman ini bisa berjalan normal. (bagi yang malas silahkan langsung unduh contoh jadinya saja :D )
Jika file tersebut sudah di unduh, silahkan taruh jadi satu pada halaman login hotspot mikrotik. Dan selanjutnya mari kita mulai menyesuaikan halaman login yang akan kita gunakan.
Langkah pertama, sunting berkas login.html yang ada pada halaman utama dan cari bagian <head></head>. Kemudian tambah kan script berikut pada bagian itu dan jangan lupa disimpan :)
<script type=”text/javascript” src=”jquery-1.6.4.min.js”></script>
<script type=”text/javascript” src=”detectmobilebrowser.jq.js”></script>
<script>
$(document).ready(function() {
if(jQuery.browser.mobile){
window.location.href = ‘$(link-login-only)?dst=$(link-orig-esc)&target=mobile’;
}
})
</script>
Langkah kedua, silahkan upload semua file tersebut pada mikrotik anda, dan silahkan dicoba apakah halaman login bisa dialihkan otomatis jika menggunakan gadget.
Langkah ketiga, jika tidak bisa maupun ada kesulitan silahkan hubungi saya. Selama saya tidak ada kerjaan pasti saya balas :D
Jika tidak mau repot, silahkan unduh semua file yang sudah jadi pada link di bawah ini (desain halaman sangat minimalis :P )
Link Indowebster

Sumber :www.osiae.com