Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Perawatan Mobil | Mencuci Mobil Yang Baik Cegah Karat Bagian Kolong

Mobil | Mencuci Mobil Yang Baik Cegah Karat Bagian Kolong
Musim hujan telah datang, meskipun intensitasnya masih tak menentu namun cuaca dapat berubah secara cepat dari panas terik lalu tiba-tiba hujan deras. Pastinya hal ini cukup menjengkelkan jika mobil yang tadinya bersih jadi kotor mendadak.


Terlebih lagi bagian kolong mobil, tidak mustahil karat bakal menyerang bila dibiarkan (tak lekas dicuci). Makanya selain bagian atas (bodi), kebersihan kolong pun perlu dijaga. “Kalau habis hujan-hujanan, mobil harus segera dicuci, terutama bagian kolong karena paling rawan timbul karat karena air hujan mengandung zat asam yang korosif,” ungkap Yudhie Kurnia.
Mahasiswa semester 5 jurusan Perumahsakitan Universitas Indonesia ini membagi tips seputar membersihkan kolong mobilnya. Pertama, siapkan peralatan cuci, mulai dari aneka ragam sikat, sabun colek atau sampo mobil serta lap chamois. “Kalau untuk pelek lebih cocok gunakan sikat gigi halus karena tak merusak pelek,” jelas Yudhie.

Tips Perawatan Mobil | Mencuci Mobil Yang Baik Cegah Karat Bagian Kolong

Setelah peralatan siap, semprotkan air ke bagian kolong hingga kotoran atau pasir yang kering dapat melunak dan rontok. Lalu siapkan sikat, kebetulan Yudhie memakai sikat botol untuk menyikat kolong dengan memberi sabun colek untuk membersihkannya. Lalu sikat sampai berbusa dan bersih.
Setelah bersih, siram lagi dengan air bersih kemudian lanjutkan membersihkan ban dan pelek. Untuk ban bisa pakai sikat cuci baju dan sabun colek. Pada pelek, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan seluruh bagian pelek. “Jika pelek cukup disikat saja tak perlu menggunakan sabun colek, karena dapat merusak permukaan cat pelek,” saran pria berkepala plontos ini.
Lili dari Sentosa Car Wash & Salon di bilangan Lubang Buaya, Jaktim memberikan tips tambahan. “Saat mencuci, perhatikan sela-sela mobil yang sulit dijangkau karena bagian itu lama-kelamaan bisa keropos jika tak dibersihkan,” ungkap wanita berambut panjang ini.
Sudah selesai semua? Jangan lupa siram kembali dengan air bersih serta keringkan mengunakan lap chamois. Jika atas-bawah bersih, dijamin karat tak bakal hinggap.