Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan Video (CD1 dan CD2)

Kalau kamu suka mengkoleksi film-film lama pasti kamu sering mendapatkan masalah bagaimana cara menggabungkan cd1 dan cd2 ke dalam komputer. Seperti yang kita ketahui perkembangan multimedia begitu cepat, cd (compact disk) kini telah ditinggalkan dan sedang beralih ke blue ray. Kualitas gambar juga bukan lagi hanya flat di monitor, melainkan sudah bisa tiga dimensi (3d). Hal yang sebelumnya mustahil untuk dilakukan kini telah terbukti nyata, tentunya dengan bantuan dukungan hardware khusus dan kaca mata 3 dimensi.
Tutorial Menggabungkan CD1 dan CD2
Kita memerlukan sebuah software untuk melakukan hal ini. Nama software tersebut yakni “Ultra Video Joiner”. Tenang saja, kamu bisa download ultra video joiner terbaru ini di akun dropbox saya. Saya lebih memilih dropbox karena sifatnya yang personal dari pada Mediafire yang umum banget. Di dropbox file kita tidak akan dihapus. Sementara di ziddu, mediafire, rapidshare file tersebut bisa dihapus jika tidak ada aktifitas download dalam term waktu tertentu.
Download Ultra Video Joiner – klik di sini
Langkah pertama setelah proses instalasi selesai dengan sempurna adalah membuka file yang akan digabungkan tadi. Kamu boleh memasukkan lebih dari satu file. File dapat berformat avi, dat, mpeg, vob dan sebagainya. Klik “Add” untuk menambahkan.

Kemudian urutkan video-video yang hendak digabungkan. Atur Frame, pilih outputnya (banyak format tersedia). Sesuaikan juga pilihannya dengan hasil yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menambahkan subtitle film. Jika sudah yakin klik “Join”.
Langkah akhir adalah menunggu proses join selesai. Rendering ini mungkin memakan waktu yang agak lama tergantung dengan spek komputer yang digunakan. Sebagai contoh saya join dua file .avi dengan masing-masing durasi sekitar 1 jam 30 menit di laptop dengan OS Windows 7 Enterprise, Prosessor Intel Core2Duo dan 4GB RAM menghabiskan kurang lebih 30 menit. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan tentunya akan semakin cepat.
Kekurangan software ini adalah tidak bisa mengkonvert ke dalam bentuk .mkv (Matroska Video). Kalau kamu memaksa ingin convert video ke dalam mkv kamu bisa mencoba HandBrake.