Oh, Ini Yang Membuat Temperatur Mobil Avanza Menjadi Panas Sekali

Ketika saya sedang mengejakan power window sebuah mobil, saya dikejutkan oleh bapak- bapak yang mengeluhkan tempratur mesin yang sangat panas melebihi setengahnya.

Tanpa berpikir panjang saya dapat menebak bahwa penyebab panasnya itu adalah disebabkan karena air radiator yang kurang, mungkin karena kebocoran kali pikirku.

Setelah saya liat tangki resevoirnya, teryata airnya masih diambang standar. Analisa keduaku adalah mungkin air radiatonya kotor sehingga menyumbat selangnnya. Ketika saya membuka tutup radiator, masih bagus airnya.

Hampir 10 menit saya berpikir apa yang menyebabkan panas mesin menjadi over. Setelah saya menyalakan AC, barulah saya menyadarinya

Teryata kipas ekstra fan tidak berputar!!!

Setelah saya cek, memang fan tidak berputar walaupun saya menjumpernya langsung dari aki. Mengapa saya harus menjumpernya? karena kabel fan-nya yang dari dalam juga tidak mengeluarkan setrum. Lalu mengapa kabelnya tidak mengeluarkan setrum? Hal ini disebabkan fan kosleting sehingga memutuskan sekering fan yang ada di box sekeringnya..


Setelah saya tanya kepada sang pemilik mobil, memang fan nya baru saja di lilit ulang oleh tukang dinamo, kira - kira udah 2 bulan yang lalu katanya.

Setelah saya buka kipasnya, memang sulit dipercaya. kipasnya meleleh sehingga baling - balingnya terlepas dari motornya...                                                      


Mungkin saja tukang lilit dinamo kurang ahli mengulungnya sehingga kumparannya menjadi gosong sehingga as agkernya tidak bisa diputar walau pakai tangan saya.

Sebetulnya ongkos motornya saja sama jasa pemasangan hanya Rp.325.000. Sedangkan ongkos mengulung dinamo bisa mencapai Rp.120.000, (cuma selisih Rp. 205.000,-) belum lagi lamanya menggulang dan daya tahannya.









Nah, karena dalam "kasus" ini si bapak harus mengeluarkan dana sebesar Rp.850.000,- karena harus menganti baling - balingnya beserta dudukan motornya.














Setelah fan baru sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah mencari sekering fan. Ini ada di dalam box sekering paling pojok kiri atas. Setelah bisa dicopot, gantilah dengan yang baru, usahakan amperenya sama supaya tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan.

Kalo ngak salah, besarnya sekering 30 ampere. Saya kasih aja gratis mengingat si bapak sudah membeli banyak :)























sumber : http://solusidalammobil.blogspot.com/2012/02/oh-ini-yang-membuat-temperatur-mobil.html
Share :

Komentar Facebook:

iklan banner iklan banner iklan banner iklan banner

Artikel Terbaru

Recent Posts
Histats.com