Tips Anti Maling Mobil..

Menyambung artikel pertama saya tentang tips anti maling motor. sekarang saya ingin berbagi sedikit mengenai seluk beluk maling mobil, bagaimana modus operandi yang sering dilakukan, cara membobol umumnya, bagaimana cara mengatasinya, dan yang lainnya. yah syukur-syukur membantu menjaga keamanan kendaraan para rekan kompasianer semua. Apalagi mengingat sebentar lagi musim mudik (tentunya kompasianer lebih suka menggunakan kendaraan pribadi bukan?). Monggo disimak :)
  • Taukah anda kalau penggunaan Alarm, apapun jenisnya, sebenarnya mudah sekali diakali oleh maling sekarang. Apalagi yang rangkaiannya terhitung sederhana, cukup buka kap mobil, matikan kabel alarm yang menyambung ke aki atau dengan mencabut kabel horn yang ada didekat grill (bahkan terjangkau oleh tangan biasa loh,tanpa harus bongkar apa-apa).
alarm (marga.wordpress.com)
alarm (marga.wordpress.com)
  • Kompasianer sekalian menggunakan kunci stir? Wueleh yang ini apalagi, caranya gampang sekali. Setelah menjebol alarm, dan menjebol kunci mobil maka yang dilakukan tinggal menjebol kunci stir menggunakan bor portabel.
kunci stir (filterblog.com)
kunci stir (filterblog.com)
  • Ada yang menggunakan sistem GPS? Sayangnya kebanyakan maling sudah paham letak GPS yang sering digunakan. Dibawah dashboard, dibawah jok, dan yang lainnya. Jadi GPS tidak terlalu berpengaruh, tinggal cabut, beres (mahal saja, fungsi pengaman tak seberapa..hehe)
Jadi bagaimana caranya menangkal maling mobil yang mengincar mobil anda? Sebelumnya pahami dulu modus operandi yang sering digunakan oleh mereka. Berbeda dengan maling motor, maling mobil biasanya bekerja berkelompok. Target mereka ialah mobil-mobil umum seperti toyota (jenis kijang), avanza, xenia, mobil-mobil umum yang laku cepat dan memang paling gampang dibongkar. Beroperasi dengan mobil rentalan dan mengincar daerah-daerah rumah warga yang tidak melewati keramaian, mudah akses ke jalan besar, dan bukan kawasan padat.
Maling mobil juga biasanya beroperasi kisaran waktu maghrib atau mendekati shubuh. Mereka tidak sering mengincar mobil-mobil diparkiran umum (kalau mengincar tape, atau laptop didalam mobil sih iya..tapi tidak untuk menggondol mobil anda). Setelah target ada, pada waktu yang ditentukan maling mobil masuk (sebagian mengawasi) dengan menggunting gembok pagar, memeriksa dan mematikan alarm, membuka pintu depan menggunakan penggaris atau kunci T, kemudian bor kunci stir, mobil didorong sampai keluar (takut membangunkan ) dan berada pada jarak aman, kemudian tinggal putar kunci kontak menggunakan obeng, dan hilang sudah mobil anda.
Nah bagaimana cara mengakali komplotan maling ini? Mungkin tips-tips sederhana ini bisa membantu.
  • Pelihara binatang peliharaan dirumah anda. Jujur saja, komplotan maling mobil sangat menghindari rumah yang ada hewan peliharaan seperti anjing, burung, atau sejenisnya. Bukan karena takut hewannya, tapi karena mereka takut hewan peliharaan ini bereaksi, mengeluarkan bunyi dan malah membangunkan majikannya nanti.
anjing kintamani sebagai penjaga rumah (rizqianda.multiply.com)
anjing kintamani sebagai penjaga rumah (rizqianda.multiply.com)
  • Pasang sensor dikap mobil. Jadi kalau dibuka akan langsung berbunyi alarmnya. Ada baiknya juga alarm jangan hanya disambungkan kepada klakson mobil, tapi juga disambungkan kepada speaker didalam mobil (sehingga kalau kabel klakson dimatikan, alarm tetap bunyi).
  • Jangan menggunakan rantai+gembok. Karena yang akan dipotong pastilah rantainya (apalagi kualitas rantai sekarang kebanyakan jelek), kalau mau gunakanlah sling alias kawat baja yang jauh lebih susah untuk diputusin. Kombinasikan dengan gembok hardened yang besar berpengait pendek (biar susah ditembus gunting gembok), gembok jenis ini biasa digunakan di mobil-mobil box.
gembok hardened berpengait pendek (giatsemangat.itrademarket.com)
gembok hardened berpengait pendek (giatsemangat.itrademarket.com)
  • Kalau punya cukup biaya, coba aplikasikan stir balap yang bisa dicopot ke mobil anda. Layaknya film mister bean dulu (yang tiap parkir langsung cabut stir). Dan kalau mau bisa juga dengan menggunakan kaca mobil anti pecah untuk menambah keamanan mobil anda..
stir racing (tangomotor.110mb.com)
stir racing (tangomotor.110mb.com)
  • Selain itu jangan pernah beli peralatan pengamanan (kunci stir, gembok, alarm, dan lainnya) yang asal murah alias abal-abal. Kualitas rendah, dibongkar gampang sekali, belum lagi resiko macet gak bisa dibuka. Keluar biaya lebih banyak tak masalah kan? Daripada mobil kesayangan anda hilang (kalau mampu sekalian asuransikan ya..hehe)
Segitu aja mungkin tips kali ini. Oh ya sebenarnya posting tentang tips-tips ini terinspirasi dari postingan artikel (saya lupa nama abang yang postingya) yang berisikan survey tentang jumlah posting di tiap rubrik dan dapat kesimpulan bahwa rubrik teknologi masih kurang peminatnya. Dipikir-pikir kenapa saya tidak mengisinya (alhamdulillah saya juga memiliki seuprit pengalaman disana).
Yah, semoga bermanfaat, ada yang kurang paham silahkan bertanya, insyaallah selama saya tau saya akan menjawabnya (kalau tidak nanti saya tanyakan kepada dosen otomotif saya..hehe).
p.s:diramu dari beragam sumber, modul kuliah, modul pelatihan, google, kaskus, praktek lapangan, dan lainnya.
Salam,

sumber : http://teknologi.kompasiana.com/
 
Share :

Komentar Facebook:

iklan banner iklan banner iklan banner iklan banner

Artikel Terbaru

Recent Posts
Histats.com