Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MENGHILANGKAN KARAT PADA KNALPOT

Karat Pada Knalpot
#ALAT YANG PERLU DISEDIAKAN :

-Oli bekas
-Porstex (pembersih kloset)
-Pisau tumpul
-Amplas kasar
-Kuas

#CARA MEMBERSIHKAN

  1.   Panaskan motor selama 10-15 menit.
  2. Setelah knalpot panas, oleskan oli bekas pada leher knalpot dengan menggunakan kuas (lakukan pada kondisi mesin menyala)
  3. Setelah oli menguap, oleskan oli lagi (lakukan sebanyak 3-4 X)
  4. Setelah dirasa cukup, matikan mesin
  5. Ambil pisau tumpul, lalu kerik pada bagian yang berkarat
  6. Jika bagian karat yang kasar sudah hilang, oleskan porstex pada leher dan selang knalpot (jangan sampai terkena cat body atau mesin, karena dapat merusak cat tersebut)
  7. Diamkan selama 30 menit agar porstex mengunci dan mengangkat karat yang ada
  8. Bilas dengan air sampai bersih
  9. Buka knalpot jika memungkinkan atau biarkan saja terpasang. amplas seluruh bagian pipa knalpot sampai bersih (tidak terlalu sulit, karena telah diberi porstex)
  10. Lihat hasilnya, bersih seperti baru

Knlapot Bersih Mesin Prima
#CARA MENCEGAH KARAT DATANG KEMBALI

-Seringlah mengoleskan oli bekas pada pipa knalpot
-Jika knalpot terkena atau bahkan tertutup lumpur sehabis berpergian, segera bersihkan, karena lumpur/tanah dapat membuat pipa knalpot berkarat
-Jangan panaskan motor lebih dari 3 menit, karena hal itu dapat membuat knalpot sangat panas dan membuat besi pada pipa knalpot menjadi merah dan akhirnya berkarat
-Jika ingin hasil maksimal, krum pipa knalpot dengan krum yang berkualitas, krum yang berkualitas dapat mencegah munculnya karat.
-Jika knalpot dibiarkan terus memerah, maka dalam jangka waktu tertentu knalpot tersebut akan berkarat atau bahkan kropos.

Sumber: Agus City Sport Rider Bali