Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Cat Motor Agar Tetap Kinclong

Tips Merawat Cat Motor Tips Merawat Cat Motor Agar Tetap KinclongTips Merawat Cat Motor – Semua orang pasti sengan melihat motor yang dikendarai tetap terlihat bersih dan kinclong seperti baru. Biarpun motor yang kita kendarai tidak di modifikasi akan tetap menarik perhatian orang jika motor itu terlihat bersih dan terawat. Ingin tahu bagaimana caranya agar cat motor anda bisa tetap terlihat bersih dan kinclong ?? Berikut adalah tips bagaimana cara merawat cat motor agar tetap kinclong dan menarik lebih lama.
  1. 1. Rusaknya cat pada motor biasa diakibatkan karena proses pencucian motor yang kurang baik, seperti penggunaan sabun untuk mencuci yang kurang cocok. Sabun colek atau detergent dibuat khusus untuk menghilangkan noda/kotoran pada kain, sehingga kandungan zat-zat kimianya pastilah sangat keras dan bisa merusak cat motor. Selain itu, sabun colek atau detergent sulit larut dalam air, sehingga sisa sabun yang terbawa sponge beresiko menyebabkan gores/lecet pada permukaan cat. Selalu gunakan shampoo motor ketika mencuci motor, karena zat-zat kimia yang digunakan telah disesuaikan agar tidak merusak warna cat.
  2. Proses pengeringan yang tidak sempurna juga dapat membuat cat motor kamu menjadi rusak, karena bercak air yang tertinggal bisa menyebabkan timbulnya noda air dan jamur yang nantinya sangat sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu sehabis mencuci motor pastikan kamu mengeringkan motor kamu sampai ke bagian celah-celah motor, dan selalu gunakan chamois/kanebo yang bersih untuk mengeringkan motor agar permukaan cat tidak gores dan kering dengan sempurna.
  3. Hindari parkir di area terbuka (tanpa atap) dalam waktu yang lama, karena terik sinar matahari, air hujan, dan embun bisa membuat warna cat motor kamu menjadi kusam dan bisa menimbulkan karat pada bagian motor yang terbuat dari logam. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan cara menutupi motor menggunakan sarung motor atau terpal khusus bila sedang parkir di area terbuka dalam waktu yang cukup lama.
  4. Janganlah terlalu sering mengunakan cairan khusus untuk mengkilapkan body motor, karena bila terlalu sering lama-kelamaan lapisan cat pada body motor kamu akan terkikis sehingga warna cat akan menjadi pudar atau luntur.
  5. Pemasangan stiker motor yang berlebihan sebenarnya juga kurang baik untuk cat motor kita. Ketika stiker tersebut dicopot atau terlepas, lapisan pelindung cat pada body motor akan ikut terlepas dan bekasnya akan jelas terlihat pada body motor kita. Walaupun bekasnya kecil tapi kalau banyak, kan gak enak juga dilihatnya.
Jika setelah membaca tulisan ini tetap gak ada action ya sama saja bro, motor akan tetap kotor dan jauh dari kesan bersih dan kinclong. Kita harus memperhatikan kondisi tampilan motor kita agar motor itu tampak selalu seperti baru.
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.