Bagaimana Langkah Agar Anak Usia 2 Tahun Dapat Membaca?

13375129852052045755
Ilustrasi/Kompasiana (KONTAN/Dok Bimba)
“ ..Language is a set of skills ..”
maksudnya bahwa bahasa adalah
seperangkat keterampilan.
Listening, Speaking, Reading dan Writing,
inilah yang disebut dengan 4
keterampilan bahasa
Anak adalah harapan, anak adalah masa depan, anak adalah buah cinta dan anak adalah penerus garis keturunan.
Orang tua manapun pasti menginginkan anaknya tumbuh pintar, cerdas dan sehat. kecerdasan anak di tunjang oleh pelatihan pendidikan selalin gen bawaan dari ornag tuanya yang memang cerdas.
Inilah langkah bagaimana membuat bayi anda cepat dapat membaca tulisan.
Perlu di ketahui BAHASA adalah termasuk ilmu ketrampilan, agar memiliki ketrampilan berbahasa yang mahir handal dan cepat di perlukan pelatihan yang terus menerus. Langkah cepat membuat BAYI anda pintar membaca, namun simak dulu pengalaman saya ini.
Saya terpesona dengan video Aleka putri seorang dokter, di mana dalam usia setahun Aleka belum bisa bicara namun ketika di tunjukan kertas betulisan KOSAKATA, Aleka bisa menjawab dengan menunjukan bendanya. Misal “EYE” maka Aleka akan menunjuk mata dengan kedua tangannya. Sungguh menakjubkan dan siapapun yang memiliki bayi ingin mengetahui bagaimana caranya.
Dokter tersebut Bernama dr. Titzer yang rupanya dia mau berbagi dengan kita semua, dia membukukan dan memvideokan dan membuat stiker slide atau two pieces yang sekarang bisa dengan mudah di dapatkan.
Dan saya akan menyimpulkan metode yang di pakai sesuai praktek salah satu anak yang dalam usia 3 tahun bisa membaca dan hapal ratusan kosa kata dalam bahasa inggris, mandarin selain bahasa sehari harinya.
1. Ketika hamil, sebagai calon ibu biasakanlah anda membaca buku, mendengarkan musik.
2. Ketika Bayi anda telah lahir dalam usia 0-6 bulan juga biasakan perdengarkan musik klasik yang ringan, volume kecil saja agar tidak mengganggu gendang telinganya.
3. Ketika bayi anda di perkirakan sudah bisa melihat ajaklah bayi anda nonton CD yang isinya belajar bahasa Inggris, bisa anda beli di toko CD/VCD.
4. Selama melihat CD tersebut, usahakan menirukan ucapan CD dengan memegang anggota tubuh anak, biasanya kaset belajar bahasa pertamanya pengenalan anggota tubuh. jika di TV bilang HAIR maka peganglah rambut bayi anda.
5. Durasi menonton VCD tersebut jangan melebihi 30 menit, menghindari Bayi bosan. Dan usahakan sehari hanya menonton 1 X saja.
6. Ketika anda memperkenalkan 1 VCD ke Bayi anda usahakan jangan mempertontonkan VCD lain, misal flm dewasa kartun dll karena kebiasaan ini akan membuat bayi anda tidak menyukai VCD belajar bahasa, anda rugi kan?.
7. Bayi memiliki jam terbang tidur yang tinggi berikan waktu pada bayi anda untuk tidur, ketika ia terjaga di jam tidur berikutnya ajaklah bayi anda melihat buku/stiker yang bertuliskan kosa kata, satu lembar cukup satu kata satu gambar, pertamanya Bayi anda tidak interest sama sekali, dia akan meronta, merobek ataupun menangis. Tetaplah lakukan pelatihan ini tidak lebih dari 30 menit.
8. Jika membelikan mainan pilihlah yang ada unsur edukatif.
9. Ketika bayi anda 1 tahun sudah nampak lebih pintar banyak, dia akan menirukan apa yang dilakukan gambar di VCD meski belum bisa berkata namun bayi anda faham ketika anda memberinya aba aba EYE, EAR, HI, etc. Maka ketika menjelang tidur malam bacakan cerita pengantar tidur, tidak perlu banyak buku cukup 1,2 saja itu membuat bayi anda terbiasa berkomunikasi.10. Tingkatkan pelatihan bahasa dan kosa kata, berhitung sesuai kebutuhan Bayi, tambah perbendaharaan kata katannya dengan perbanyak membuat stiker atau beli stiker, buku.
11. Ketrampilan berbahasa Bayi anda usahakan “kalau sudah besar baru belajar.” Belajar bahasa yang baik adalah usia 0-6 tahun karena sangat mudah di pahami. ketika usia 2 tahun cobalah beli poster perkalian, ucapkan menjelang bayi tidur, hasilnya ketika bayi anda usia 3 tahun sudah hapal perkalian 1-10.
12. Belilah poster ABJAD dan BERHITUNG lalu tempel di ruangan biasa Bayi anda bermain. untuk abjat pilihlah hurub besar dan kecil berdampingan agar bayi terbiasa bahwa itu artinya sama.
Memang banyak yang berfikir langkah langkah tersebut di nilai terlalu mengeksploitasi bayi, padahal itu hanya membiasakan anak bermain yang ada manfaatnya, jika itu sudah terbiasa maka bayi anda akan merasa enjoy belajar,
Demikian sedikit tip Bermain dan belajar dengan anak, semoga bermanfaat.

sumber
Share :

Komentar Facebook:

Artikel Terbaru

Recent Posts
Histats.com