Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghitung biaya sewa kamar menggunakan fungsi vlookup di excel 2003


Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan fungsi vlookup untuk menghitung biaya sewa kamar. Dalam contoh ini saya membuat tabel kerja dan tabel referensi dibuat beda sheet.

Data baku yang saya peroleh dari teman adalah seperti di bawah ini


1. Untuk memudahkan menyelesaikan masalah di atas, maka pada sheet1 dibuat tabel kerja sebagai berikut:
(Sel dengan background hijau adalah data input No urut, ID, dan nama pemesan)
(Sel dengan background coklat diisi dengan formula)


2. pada sheet2 buat tabel referensi seperti di bawah ini


3. Aktifkan sheet1. Buat formula berikut:
pada sel D4 ketik :
=VLOOKUP(B4,Sheet2!$A$4:$D$12,2,0)
pada sel E4 ketik:
=VLOOKUP(B4,Sheet2!$A$4:$D$12,3,0)
pada sel F5 ketik:
=VLOOKUP(B4,Sheet2!$A$4:$D$12,4,0)
pada sel H5 ketik:
=F4-G4

Hasilnya seperti gambar di bawah ini