Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara backup user manager mikrotik

Backup dan restore database user manager mikrotik
Assalamu'alaikum

kali ini mari kita bahas contoh kasus kecil namun bisa berkakibat fatal jika diabaikan, Usermanager adalah sebuah tool billing hotspot di mikrotik dimana data-data user(pelanggan) tersimpan. ketika kita membuka usaha hotspot menggunakan mikrotik, barang tentu kita membutuhkan sebuah system yang bisa menangani AAA (Authentication, Authorization, Accounting) dan untungnya dimikrotik sudah tersedia toolnya yaitu usermanager.


mungkin kita yang membuka usaha hotspot dengan user harian tidak terlalu kesulitan ketika kita kehilangan data user yang telah kita buat, karena cukup kita buat ulang dengan pasilitas bath user, namun menjadi masalah besar ketika kita menyediakan layanan bulanan dan telah memiliki banyak user.


ketika terjadi masalah dengan router mikrotik kita dan kita belum sempat membackup database user, sudah barang pasti kita akan kebingungan. karena tidak mungkin kita mencatat secara manual Login,password,cookies,waktu mulai, masa berlangganan dll. dan tentunya menjadi lucu ketika ada cara otomatis namun kita masih menggunakan cara manual .


nah untuk kasus ini mari kita coba kaji sebelum kita mengalami hal itu.

Caranya cukup mudah

  1. login ke mikrotik
  2. ketikkan perintah berikut di terminalCode: 
    /tool user-manager database save name=db_userman.umb
    Untuk membackup download filenya ke komputer

          untuk restore cukup mengetikkan perintah berikut
         Code:
     tool user-manager database load name=db_userman.umb
Selanjutnya coba masuk ke usermanager, jika proses restore database userman berjalan dengan baik maka semua data-data user manager anda akan kembali dengan sempurna.

* catatan ketika kita restore, pastikan kita sudah mengupload data backupnya ke file list.

Semoga bermanfaat