Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Jika Tutup Radiator Rusak



Tutup Radiator

Berikut akibat yang akan di timbulkan jika tutup radiator mobil rusak :

Karet-karet yang terdapat pada tutup radiator

Kerusakan pada karet-karet tutup radiator

Kerusakan pada karet tutup radiator membuat air keluar lewat tutup radiator saat air radiator bertekanan tinggi karena naiknya temperatur mesin, hal ini biasa di temukan tanda warna keputihan di daerah sekitar tutup radiator.

Kerusakan jika terjadi pada vacum valve

menyebabkan air radiator segera naik menuju ke reservoir ketika temperatur atau suhu mesin mulai panas dan bisa berakibat air radiator cepat habis karena menguap dan air radiator akan keluar lewat reservoir berakibat temperatur tinggi pada mesin mobil.

Radiator Mobil

Biasanya vacum valve patah dimana patahnya vacum valve terjadi karena menggunakan radiator coolant dengan bahan yang merusak karet. Tidak itu saja penggunaan radiator coolant yang merusak karet juga akan merusak karet yang terdapat pada thermostat di mesin.

Kerusakan jika terjadi pada Relief Valve
Untuk kerusakan yang terjadi pada relief valve di antaranya tekanan pegas relief valve terlalu rendah dan terlalu tinggi dengan akibat yang berbeda.

Jika tekanan pegas relief valve terlalu rendah berakibat sama dengan kerusakan pada vacuum valve yaitu air radiator akan keluar ke reservoir sebelum tekanan 1.1 bar seperti yang tertera pada tutup radiator dan hal ini pun mempercepat terbuang nya air radiator ke luar dan tekanan relief valve lebih rendah paling sering ditemui karena tekanan pegas yang sudah lemah.

Jika tekanan relief valve lebih tinggi dari tekanan pada tutup radiator akan menyebabkan tekanan yang tinggi pada sistem pendingin yang bisa merusak beberapa komponen pendingin seperti radiator, bocor pada slang slang yang yang terdapat pada saluran air.

Radiator yang rusak akibat tekanan terlalu tinggi

Gambar di atas adalah radiator yang rusak dengan saluran yang menggembung akibat tekanan tutup radiator terlalu tinggi, karena saluran air di radiator adalah bagian paling tipis pada sistem pendingin mobil. Dan hal ini jarang sekali terjadi tetapi saya temui.

sumber : http://www.ac-elektrik.com/2012/05/akibat-yang-terjadi-jika-tutup-radiator.html