Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kondisi Kopling

"Bagaimana cara mengetahui kondisi kopling mobil Toyota saya sudah aus / abis / rusak belum yah ?" Pertanyaan yang seringkali terlontar dari para pengendara mobil. Memang tidak dapat dipungkiri apabila kopling merupakan komponen utama di dalam mobil agar dapat berjalan atau melakukan perpindahan gigi. Kali ini kita akan membahas mengenai kopling pada mobil manual Toyota.
Komponen-komponen yang terlibat pada kopling mobil :
1. Flywheel / roda gila 

 Fungsinya : Meneruskan dan menahan putaran dari kruk as mobil saat mesin mobil hidup
2. Plat Kopling / Clutch Disc

Plat kopling toyota soluna vios
Fungsi : Sebagai perantara antara tenaga mesin dengan perseneling / gigi yang akhirnya tenaga tersebut diteruskan kepada roda.
3. Dekrup / Matahari / Clutch Cover

dekrup original toyota great corolla
Fungsinya : Pengatur kapan tenaga mobil diteruskan atau kapan tenaga mobil dihentikan, hal ini sesuai dengan gerakan kaki kita ketika menekan atau melepas pedal kopling.
4. Dreklahar / Bearing Kopling
dreklaher toyota avanza
Fungsinya : Sebagai bantalan untuk menarik atau melepas dekrup sesuai dengan pedal kopling
5. Garpu Kopling / Fork Kopling
Garpu kopling toyota corona
Fungsinya : Sebagai rumah atau tempat dreklaher yang akan bergerak maju mundur sesuai dengan gerakan pedal kopling.
6. Master Kopling Atas

master kopling atas soluna
Fungsi : Meneruskan tenaga hidrolik yang berasal dari minyak ren sehingga dapat menyalurkan tenaga dari pedal kopling ke master kopling bawah.
7. Master Kopling Bawah

master kopling bawah all new corolla
Fungsi : Menerima tekanan dari master kopling atas dan menggerakan garpu kopling untuk mendorong maju dan membebaskan kopling.
Cara Mengetahui Kondisi Kopling Mobil Toyota
diagram kopling mobil toyota
Diagram pemasangan kopling mobil manual
Cara kerja kopling mobil :
Ketika kaki tidak menginjak pedal kopling
Ketika kaki kita tidak menginjak pedal kopling , dengan melihat susunan diatas maka bantalan dekrup akan menekan plat kopling terhadap fly wheel sehingga seolah olah Fly wheel, plat kopling dan dekrup menjadi satu kesatuan. Sehingga apabila fly wheel berputar 10 rpm maka demikian pula dengan plat koplingnya. Dengan cara inilah tenaga dari mesin dapat di transfer ke dalam Gearbox perseneling (melalui as blender) yang pada akhirnya diteruskan ke roda.
cara mengetahui kondisi kopling mobil
Ketika kaki menginjak pedal kopling :
Ketika kaki kita menginjak pedal kopling, maka dreklahar mendorong kuku/ tuas dari dekrup sehingga bantalan dekrup yang menekan plat kopling dan roda gila terangkat. ketika terangkat inilah posisi dikatakan Free / perei. Dimana perputaran dari roda gila tidak di ikuti oleh perputaran dari plat kopling. sehingga tenaga dari mesin tidak sampai pada gearbox perseneleng. Pada saat ini lah perpindahan gigi dari porseneleng dapat dilakukan.Didalam gearbox porseneleng inilah tenaga dari mesin di atur sedemikian hingga sesuai dengan kebutuhan pengemudi melalui rasio gigi.
cara mengetahui kondisi kopling mobil 
Gejala Kopling Mobil mengalami kerusakan : 
1. Putaran mesin rata - rata lebih tinggi untuk melepas kopling. Jika dalam keadaan normal jalan 60km/jam gigi 3 dengan rpm mesin 2000 rpm, tetapi karena plat kopling sudah aus maka rpm yang biasanya 2000 menjadi 3000 rpm pada gigi 3 kecepatan 60km/jam.

2. Ketika mobil berjalan di tanjakan tercium bau gosong dari kampas kopling yang mulai selip atau mobil sudah tidak kuat menanjak.

3. Kopling terasa lebih berat dan mesin menderu ketika hendak jalan atau saat melepas pedal kopling serta kecepatan mobil lambat naiknya atau mungkin yang lebih parah mobil tidak dapat berjalan sama sekali ketika melepas kopling.
Cara cek kondisi kampas kopling mobil :
1. Hidupkan mesin mobil kemudian tarik rem tangan atau handrem,
2. Masukan gigi 1, lepas kopling perlahan (seperti biasanya) kaki kanan dalam posisi menginjak rem dan gas mobil secara perlahan.
3. Jika pedal kopling sudah terlepas tetapi mesin tidak mati maka kampas kopling sudah benar-benar tipis.
Masalah pada kopling mobil :
1. Susah masuk gigi perseneling baik saat mesin dimatikan maupun di hidupkan : hal ini berarti terdapat kesalahan pada sistem mekanik pengoper gigi hal ini dapat berupa tongkat yang sudah oblak, master kopling atas dan bawah yang bermasalah (kalau mobil toyota tertentu masih menggunakan shift cable atau kabel gigi) atau mekanisme pengoper gigi didalam gearbox.

2. Kopling susah masuk gigi hanya pada saat mesin di hidupkan atau dinyalakan, namun mudah jika mesin dimatikan : dalam hal ini ada 2 kemungkinan kerusakan 
A. Kerusakan terjadi pada mekanisme pendorong clutch release bearing yaitu : master kopling atas bawah, atau kabel kopling yang masih menggunakan kabel, Fork/garpu kopling retak,  atau drek lahar itu sendiri yang mengalami kerusakan. 

B. Kemungkinan yang kedua adalah kerusakan terjadi pada Clutch cover atau dekrup, biasanya ada ciri-ciri tambahan jika kerusakan terjadi pada dekrup anda yaitu biasanya akan lebih susah masuk gigi lagi setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh atau kondisi dekrup sudah panas, gigi akan semakin susah di pindahkan.

3. Kopling bergetar saat pertama mau jalan : 60% hal ini terjadi karena Clutch disc atau plat kopling yang sudah aus , 40% disebabkan karena fly wheel sudah bergelombang.

4. Suara mesin besar (rpm tinggi) tapi mobil tidak bisa lari (acceleration kurang) : 80% hal ini terjadi karena platkopling anda sudah tipis, dan lebih parah lagi akan timbul bau "sangit" ketika kita memaksa untuk akselerasi.

5. Pedal kopling ngempos atau harus dikocok terlebih dahulu
Hal ini biasanya disebabkan karena master kopling atas sudah mengalami kerusakan sehingga ketika kita menginjak pedal kopling tidak terdapat tenaga hidrolik (berasal dari minyak rem) untuk mengangkat dekrup kendaraan sehingga dalam posisi pre atau netral.

6. Bunyi Krik-Krik ketika mesin hidup
Bunyi ini disebabkan oleh drek lahar dan bunyinya seperti bunyi jangkrik (krik...krik..) akan terdengar ketika mesin hidup dan akan hilang suaranya ketika kita menginjak pedal kopling. Pada beberapa mobil Toyota tertentu dapat juga terdengar bunyi jangkrik ketika mesin dihidupkan baik ketika kita melepas atau menginjak pedal kopling, bunyi yang berasal dari pilot bearing.

7. Bunyi pada saat jalan dan melakukan penggantian gigi.
Jenis bunyi yang ketiga ini hanya dapat didengar pada saat kendaraan melakukan pergerakan. Bunyi ini berasal dari bearing didalam gearbox anda.

8. Bunyi mendesing pada gigi tertentu
Hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada pasangan gigi yang bunyi tersebut kemungkinan gigi sudah aus atau gompal sehingga memberikan rongga udara yang dapat menimbulkan bunyi mendesing.

Demikianlah beberapa pengetahuan mengenai kopling mobil Toyota, sebaiknya penggantian kopling pada mobil manual dilakukan secara set yaitu penggantian plat kopling, dekrup dan dreklahar secara bersamaan karena ketiga komponen ini memiliki ketergantuan yang erat satu sama lain dan penggantian hanya salah satu dari ketiga komponen tersebut akan menyebabkan rusaknya komponen lainnya dalam waktu dekat dan menyebabkan anda mengalami kerugian ongkos bongkar pasang kopling.