Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dengan Minum Dua Cangkir Kopi Sehari, Dapat Turunkan Risiko Gagal Jantung

Ilustrasi (manfaatkopi)
Meminum kopi sudah menjadi kebiasaan setiap hari. Ternyata minum dua cangkir kopi sehari bisa turunkan risiko gagal jantung. Bagi pecandu kopi, mungkin itu kabar yang sangat baik.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa meminum kopi secara rutin dengan takaran dan jumlah yang tepat, dapat mengurangi risiko gagal jantung.

Sebanyak 150.000 responden baik pria atau perempuan, diikutsertakan dalam penelitian yang dipimpin oleh Dr Murray Mittleman dari Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston, Amerika Serikat.

Responden yang rutin meminum dua cangkir kopi dalam sehari, menunjukan berkurangnya risiko gagal jantung, dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi sama sekali, sebagaimana diberitakan oleh DailyMail.

Namun jika meminum kopi lebih dari lima cangkir dalam sehari sangat buruk untuk kesehatan jantung, karena dapat merusak jantung sebagaimana yang dikutip dari jurnal Circulation Heart Failure.

Namun mereka menduga, ini disebabkan karena kopi dapat mengurangi hipertensi dan menormalkan gula darah pada penderita diabetes. Hipertensi dan diabetes adalah dua penyakit yang memicu gagal jantung.

Pemerintah AS yang mendanai penelitian ini menemukan bahwa semakin banyak kopi yang diminum, maka beberapa jenis penyakit selain kanker dapat terhindar, seperti penyakit jantung, penyakit saluran pernapasan, stroke, diabetes, dan penyakit infeksi.

(sumber : Solopos.com)