Cara mengerem mobil dengan halus
Ketika akan menghentikan laju kendaraan
baik itu secara perlahan atau pun mendadak rem merupakan alat yang dapat
mengurangi laju kendaraan, selain rem kopling merupakan hal yang mutlak
digunakan ketika pengereman. Fungsi dari kopling di saat pengereman
adalah untuk mencegah matinya putaran mesin mobil. Karena jika putaran
mesin berada di bawah torsi minimum suatu kendaraan yang dianjurkan
biasanya mesin akan mati. Jadi, itulah kenapa setiap pengereman pedal
kopling harus ditekan/diinjak. Namun, pertanyaan kita adalah manakah
yang lebih dahulu diinjak antara pedal kopling atau rem?
Jawabannya adalah, bisa kopling duluan
atau rem duluan. Karena jika kopling tidak diinjak terlebih dahulu
ketika pengereman dalam laju yang kurang kencang maka mesin akan mati,
oleh karena itu kopling harus diinjak terlebih dahulu untuk menjaga
jangan sampai mesin mati karena laju kendaraan sudah melambat namun
kopling belum diinjak. Namun, untuk laju kendaraan yang cepat, penekanan
pada pedal rem terlebih dahulu juga dibolehkan karena mesin tidak akan
mati jika putaran mesin masih tinggi, kemudian diiringi dengan menginjak
pedal kopling atau langsung melaju kembali tanpa menginjak pedal
kopling.
Jadi, penggunaan kopling atau rem duluan
yang diinjak adalah disesuaikan dengan laju kendaraan dan tujuan dari
pengereman itu sendiri. Namun, yang terpenting adalah mengurangi laju
kendaraan dengan mengurangi penekanan terhadap pedal gas atau pun
melepas pedal gas sangat dianjurkan. Hal ini perlu dilatih untuk
menentukan waktu kendaraan akan berhenti setelah pedal gas dilepas.
Dengan mengurangi penggunaan rem, maka kita tidak membuang tenaga mobil
secara percuma dan tentunya akan lebih menghemat penggunaan BBM.
.
.