Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AC Avanza Kurang Dingin? Saatnya Ganti Filter AC

Jakarta - AC Toyota Avanza terasa kurang dingin dan berbau tidak sedap? Mungkin sudah saatnya mengganti filter AC.

Nah detikOto ingin memberikan tips ringan agar kondisi udara kabin Avanza tetap bersih dan dingin dengan memasang filter AC.

Untuk diketahui tidak semua varian Avanza menyematkan filter AC pada setiap mobil Avanza. Filter AC hanya digunakan pada Avanza 2009-2011, sementara Avanza sebelum 2009 tidak tersemat saringan udara.

"Untuk mobil Avanza 2009-2011 menggunakan filter AC. Dan untuk 2009 ke bawah tidak ada filter AC," kata Assistant Sales Director PT Selamat Sempurna Tbk, Rudy Soerjanto selaku produsen filter AC kepada detikOto di boothnya di arena IIMS, JI Expo, Kemayoran.

Menurutnya filter AC sangat penting untuk menyaring debu dari luar. Ia menjelaskan ada 2 bahan filter udara pertama bahan non wofen dan karbon aktif.

"Kalau untuk non wofen menyaring partikel debu. Tapi karbon aktif terdiri dari 3 bahan dari nonwofen, zeolit dan high efficiency. Untuk karbon aktif ini bisa mengeliminasi debu dan juga menghilangkan bau seperti bau rokok," ujarnya.

Cara pemasangan filter AC untuk mobil Toyota Avanza cukup mudah. Pemilik kendaraan cukup memasang filter pada blower yang tersimpan di balik laci mobil. "Untuk pemasangan tinggal pasang menggunakan double tip," pungkasnya.

Selain itu ia juga menjelaskan bagi pengguna yang berniat memasang filter AC harus membeli satu paket filter Ac (filter dan rumah filter). Soalnya untuk Toyota Avanza tidak disertakan rumah filter AC.

Rudy mengatakan untuk satu paket filter AC Toyota Avanza pemilik mobil cukup merogoh kantung sebesar Rp 250 ribu. "Cuma Rp 250 ribu berikut rumah filter," jelasnya.


Selain itu Rudy menyarankan bagi pengguna mobil yang sudah menggunakan filter AC sebaiknya membersihkan filter AC setiap 3 bulan sekali atau ganti dengan filter AC baru setiap menempuh 10 ribu kilometer. "Caranya jangan dicuci, cukup diketok-ketok saja," saran Rudy.

Trik lainnya bagi pemiliki mobil Avanza yang bermukim di daerah berdebu, harus mengganti filter AC setiap 2 bulan sekali. "Kalau untuk yang bermukim di daerah berdebu harus menggantinya 2 bulan sekali," akunya yang juga menjual untuk segala jenis filter AC untuk mobil Jepang.

sumber : http://oto.detik.com/read/2011/07/28/095744/1691119/1213/ac-avanza-kurang-dingin-saatnya-ganti-filter-ac