Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Kopling Toyota Avanza, Ada di Kanan Bawah

Masih seputar musim banjir yang mudah menerjang belakangan ini, tak ayal bagian kolong mesti lebih diperhatikan. Contoh pada Toyota Avanza era 2004 sampai 2011, sebelum All New Avanza muncul. Khusus untuk yang bertransmisi manual, ada lagi nih yang harus dilihat supaya Avanza kesayangan enggak mudah selip kopling.

"Pada rumah transmisi, terdapat penutup karet yang bisa dilepas," jelas Andreas, mekanik sekaligus owner bengkel Phoenix Racing di bilangan Gading Serpong, Tangerang. Kalau dilihat dari arah belakang Avanza, posisinya, ada di sisi kanan transmisi, bagian bawah (Gbr.1). Pada bagian karetnya, terdapat tulisan Engine, dengan tanda panah menuju arah depan kendaraan (Gbr.2).

Melepasnya pun mudah, tinggal sedikit dicongkel menggunakan obeng min (Gbr.3). "Awas untuk yang sudah berusia lama, kondisi karet biasanya sudah keras dan getas," wanti Andre. Jadi, yakinkan saja dengan tangan agar karet penutup enggak rusak.

Setelah terlepas, untuk Avanza yang kena musibah terendam banjir, lubang ini juga bisa untuk membuang kelebihan air yang mungkin saja merendam bagian kopling. Bahaya soalnya kalau dibiarkan terlalu lama. Takutnya, bahan pelat kopling bisa korosi dan malah bikin kopling selip ketika dipakai.

Kalau yakin air dalam rumah transmisi sudah habis tak bersisa, sekarang sekalian coba intip saja kondisi pelat kopling (Gbr.4). Butuh pertolongan senter untuk melihat bagian dalam kopling. Pada bagian dalam, pandangan pertama akan langsung tampak per kopling yang tersambung dengan garpu untuk menekan dan melepas posisi pelat kopling. Sisi lebih ke atas, baru terlihat pelat kopling dan sedikit flywheel.

Kalau pelat kopling terlihat masih bagus. Tinggal tutup lagi karet, dan enggak khawatir lagi mesti jalan jauh kan.

sumber : (mobil.otomotifnet.com)