Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

memberi oli pada lubang knalpot benar atau salah

malam sobat abangirengku blog :-) wah sibuk nih jadi ahir-ahir ini update postingnya agak telat-telat. oke langsung ke topik bahasan aja ya…
motor 4 tak haram knalpotnya ngleuarin asep putih. karna bila motor 4 tak sampai ngleuarin nih asap putih pasti bermasalah tuh pada mesinnya. ya bisa sehernya baret,liner baret,seher dan liner memiliki celah renggang lebar,ring aus dan banyak lagi
tapi adakalanya knalpot ngleuarin asap putih karna disengaja.loooo loooo maksudnya apa tuh?
gini sob pernah saya liat seseorang pada lubang knalpotnya sengaja di kasih oli bekas, maksud mereka sih katanya agar knalpot awet dan tidak mudah berkarat.
image
enmmmm… masuk akal juga nih sob.penjelasannya begini
knalpot motor 4 tak adalah knalpot kering maksud aku terbebas dari oli layaknya motor 2 tak.nah knalpot yang setiap saat harus menahan suhu panas yang teramat tinggi ini bisa saja mudah keropos akibat tidak adanya oli ataupun pelindung anti karat pada knalpot.
nah itulah alasan beberapa orang rutin memberi oli pada lubang knalpot. sedangkan oli ini akan terbakar akibat suhu knalpot yang tinggi akibatnya muncullah asap putih pada lubang knalpot yang di beri oli tadi. nah itulah maksud aku timbulnya asap putih akibat disengaja.
sekarang pertanyaannya benarkah cara diatas??? yaitu.sering-sering memberi oli pada lubang knalpot di benarkan ???
emmmm kalau menurut aku.ini menurut aku loya cara diatas nggak sepenuhnya benar.karna kenapa?
  1. memberi oli pada lubang knalpot belum tentu terbebas dari karat kenapa saya bilang demikian.?  karna pada saat memberi oli pada lubang knalpot. belum
    tentu oli akan melumasi secara merata setiap dinding knalpot. kemudian pada saat motor jalan oli akan terbakar habis oli suhu panas knalpot. jadi saya bisa berasumsi bahwa oli tidak bekerja semestinya karna telah raip di bawa menguap oleh suhu panas knalpot.
  2. oli akan merusak katalisator pada knalpot.karna dengan adanya oli maka memudahkan debu-debu menempel pada saringan katalisator.karna adanya debu ini lama kelamaan knalpot anda akan tersumbat dan motor pun ogah di ajak lari.
  3. rembesan ataupun tetesan oli dari lubang knalpot akan merusak penampilan.oke itu tadi cuman pendapat saya lo ya… anda setuju its oke…anda nggak setuju juga no problem …atau anda punya pendapat lain bisa langsung berkomentar
salam….