TIPS MENGHILANGKAN KARAT PADA KNALPOT
Karat Pada Knalpot |
-Oli bekas
-Porstex (pembersih kloset)
-Pisau tumpul
-Amplas kasar
-Kuas
#CARA MEMBERSIHKAN
- Panaskan motor selama 10-15 menit.
- Setelah knalpot panas, oleskan oli bekas pada leher knalpot dengan menggunakan kuas (lakukan pada kondisi mesin menyala)
- Setelah oli menguap, oleskan oli lagi (lakukan sebanyak 3-4 X)
- Setelah dirasa cukup, matikan mesin
- Ambil pisau tumpul, lalu kerik pada bagian yang berkarat
- Jika bagian karat yang kasar sudah hilang, oleskan porstex pada leher dan selang knalpot (jangan sampai terkena cat body atau mesin, karena dapat merusak cat tersebut)
- Diamkan selama 30 menit agar porstex mengunci dan mengangkat karat yang ada
- Bilas dengan air sampai bersih
- Buka knalpot jika memungkinkan atau biarkan saja terpasang. amplas seluruh bagian pipa knalpot sampai bersih (tidak terlalu sulit, karena telah diberi porstex)
- Lihat hasilnya, bersih seperti baru
Knlapot Bersih Mesin Prima |
-Seringlah mengoleskan oli bekas pada pipa knalpot
-Jika knalpot terkena atau bahkan tertutup lumpur sehabis berpergian, segera bersihkan, karena lumpur/tanah dapat membuat pipa knalpot berkarat
-Jangan panaskan motor lebih dari 3 menit, karena hal itu dapat membuat knalpot sangat panas dan membuat besi pada pipa knalpot menjadi merah dan akhirnya berkarat
-Jika ingin hasil maksimal, krum pipa knalpot dengan krum yang berkualitas, krum yang berkualitas dapat mencegah munculnya karat.
-Jika knalpot dibiarkan terus memerah, maka dalam jangka waktu tertentu knalpot tersebut akan berkarat atau bahkan kropos.
Sumber: Agus City Sport Rider Bali