Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS PERAWATAN RANTAI SEPEDA MOTOR

Rantai merupakan salah satu komponen vital yang mendukung kinerja sepeda motor. Komponen inilah yang juga menunjang performa tunggangan Bro dan Sis, selain mesin tentu saja. Kondisi rantai dan gir yang sudah tidak layak bisa membuat performa kuda besi sobat menurun bahkan dapat juga membahayakan keselamatan. Rantai dan gir berfungsi transfer/menyalurkan tenaga dari mesin ke roda agar sepeda motor bisa bergerak. 
Perawatan rantai dan gir menjadi suatu keharusan apabila Bro dan Sis menginginkan performa kuda besi tetap nyaman, aman dan bertenaga. Perawatan rutin pertama yaitu pengecekan ketegangan rantai, biasanya sesuai panduan pabrikan toleransi kekenduran dan kekencangan rantai kala berputar berkisar 2-3cm. Apabila rantai terlalu kencang maka putaran roda bakal berat. Dipakai jalan jarak jauh bakal panas dan menyebabkan roda mengunci atau lebih bahayanya lagi rantai bisa putus di tengah jalan. Begitu juga sebaliknya, apabila rantai terlalu kendur maka bisa membuat selip keluar jalur dari gir sehingga bisa melilit ke as roda yang menyebabkan putaran roda mengunci mendadak.
Perawatan rutin kedua adalah selalu menjaga kebersihan gir dan rantai dari kotoran (air, lumpur, debu, pasir) agar tidak menimbulkan karat dan keausan. Perawatan terakhir selalu mengecek pelumasan area rantai dan gir agar beban gesekan gir dengan rantai menjadi minim sehingga mengurangi suara berisik, mengurangi panas dan keausan. Maksimal setiap 500km dicek pelumas rantai dan girnya. Apabila punya jam berkendara tinggi maka tiap maksimal 1 minggu harus dicek.
Cek ketegangan rantai sebelum berkendara
Rantai terlalu kendur bisa menyebabkan kecelakaan
Berikut tips ringan perawatan rantai cara gue :
Bersihkan rantai dan gir sepeda motor dengan menggunakan sikat gigi bekas sambil roda diputar perlahan-lahan berurutan. Tiap sela pin dan roller rantai berikut mata gir silakan digosok dengan sikat gigi bekas hingga kotoran rontok. Setelah bersih dilanjutkan membersihkan sisa kotoran dengan kain lap bersih. Tahap berikutnya semprot rantai dan gir dengan chainlube/pelumas khusus rantai yang banyak dijual di pasaran sambil roda diputar perlahan. Bukan promo nich, kalau gue biasa pake MTR chainlube atau KIT Motor chainlube yang mudah didapat, murah dan kualitas lumayan OK. Apabila kepepet bisa dengan oli yang bersih/baru bertipe kental, namun harus lebih sering melakukan perawatan dan pelumasan. Jangan pakai oli bekas karena bakal lebih mempercepat keausan rantai dan gir!
bersihkan gir-rantai dengan sikat gigi bekas
bersihkan sisa kotoran dengan lap bersih
semprot gir-rantai dengan chainlube
Dijamin apabila rantai dan gir kuda besi sobat dirawat rutin maka performa tunggangan akan tetap maksimal, bertenaga, awet, tidak berisik dan tentu saja aman dan nyaman serta irit BBM maupun irit di kantong.
contoh berbagai produk chainlube di pasaran

MTR Chainlube lumayan OK dengan harga terjangkau