Rantai merupakan salah satu komponen vital yang mendukung kinerja sepeda
motor. Komponen inilah yang juga menunjang performa tunggangan Bro dan Sis,
selain mesin tentu saja. Kondisi rantai dan gir yang sudah tidak layak
bisa membuat performa kuda besi sobat menurun bahkan dapat juga
membahayakan keselamatan. Rantai dan gir berfungsi transfer/menyalurkan
tenaga dari mesin ke roda agar sepeda motor bisa bergerak.
Perawatan rantai dan gir menjadi suatu keharusan apabila Bro dan Sis menginginkan
performa kuda besi tetap nyaman, aman dan bertenaga. Perawatan rutin
pertama yaitu pengecekan ketegangan rantai, biasanya sesuai panduan
pabrikan toleransi kekenduran dan kekencangan rantai kala berputar
berkisar 2-3cm. Apabila rantai terlalu kencang maka putaran roda bakal
berat. Dipakai jalan jarak jauh bakal panas dan menyebabkan roda
mengunci atau lebih bahayanya lagi rantai bisa putus di tengah jalan.
Begitu juga sebaliknya, apabila rantai terlalu kendur maka bisa membuat
selip keluar jalur dari gir sehingga bisa melilit ke as roda yang
menyebabkan putaran roda mengunci mendadak.
Perawatan rutin kedua adalah selalu menjaga kebersihan gir dan rantai
dari kotoran (air, lumpur, debu, pasir) agar tidak menimbulkan karat dan
keausan. Perawatan terakhir selalu mengecek pelumasan area rantai dan
gir agar beban gesekan gir dengan rantai menjadi minim sehingga
mengurangi suara berisik, mengurangi panas dan keausan. Maksimal setiap
500km dicek pelumas rantai dan girnya. Apabila punya jam berkendara
tinggi maka tiap maksimal 1 minggu harus dicek.
|
Cek ketegangan rantai sebelum berkendara |
|
Rantai terlalu kendur bisa menyebabkan kecelakaan |
Berikut tips ringan perawatan rantai cara gue :
Bersihkan rantai dan gir sepeda motor dengan menggunakan sikat gigi
bekas sambil roda diputar perlahan-lahan berurutan. Tiap sela pin dan roller rantai
berikut mata gir silakan digosok dengan sikat gigi bekas hingga kotoran
rontok. Setelah bersih dilanjutkan membersihkan sisa kotoran dengan
kain lap bersih. Tahap berikutnya semprot rantai dan gir dengan chainlube/pelumas khusus rantai yang banyak dijual di pasaran sambil roda diputar perlahan. Bukan promo nich, kalau gue biasa pake MTR chainlube atau KIT Motor chainlube yang mudah didapat, murah dan kualitas lumayan OK.
Apabila kepepet bisa dengan oli yang bersih/baru bertipe kental, namun
harus lebih sering melakukan perawatan dan pelumasan. Jangan pakai oli
bekas karena bakal lebih mempercepat keausan rantai dan gir!
|
bersihkan gir-rantai dengan sikat gigi bekas |
|
bersihkan sisa kotoran dengan lap bersih |
|
semprot gir-rantai dengan chainlube |
Dijamin apabila rantai dan gir kuda besi sobat dirawat rutin maka
performa tunggangan akan tetap maksimal, bertenaga, awet, tidak berisik
dan tentu saja aman dan nyaman serta irit BBM maupun irit di kantong.
|
contoh berbagai produk chainlube di pasaran |
|
MTR Chainlube lumayan OK dengan harga terjangkau | |