Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jus Bayam dan Kol, efektif mengatasi sakit pada Lambung

Jus Bayam dan Kol, efektif mengatasi sakit pada Lambung
Sakit pada Lambung, seperti tukak lambung, maag, radang usus dan semacamnya ternyata bisa diatasi hanya dengan jus bayam atau kol.
Biasanya nyeri pada lambung diikuti rasa kembung, meriang / demam bahkan pada tingkat yang lebih parah bisa menyebabkan sulit bernafas.
Tukak Lambung, menurut artikel yang pernah didi baca di ahlinyalambung.com, adalah semacam borok yang terdapat pada lambung dan pangkal usus kecil. Penyebabnya adalah infeksi bakteri. Tukak lambung sering disebabkan oleh efek samping obat pereda nyeri dan anti radang terutama pada penderita rematik. Dan pola hidup yang tidak sehat, seperti makan tidak teratur, minum alkohol berlebihan, merokok, stress emosional ternyata juga mempengaruhi proses kesembuhan tukak lambung.
Guna mengatasi nyeri dan kembung pada lambung tersebut adalah dengan menghentikan konsumsi makanan tinggi lemak seperti daging, telur, susu, dan makanan yang digoreng. Kemudian, Anda dapat mencoba salah satu cara alami untuk mengobati sakit maag, tukak lambung, dan radang usus yaitu dengan minum jus kol mentah atau jus bayam.
Kandungan nutrisi yang tinggi pada bayam, seringkali membuatnya disebut sebagai “Raja Sayuran” atau “King of Vegetables” .
Menurut Dr. Seno Sastroamidjojo, dalam 100 gram bayam terkandung tenaga sebesar 21,0 Kcal, air 92,9 gr, protein 2,1 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 2,7 gr, serabut 0,7 gr, abu 1,4 gr, kalsium 90,0 mg, fosfor 29,0 mg, besi 3,8 mg, natrium 131,0 mg, kalium 385,0 mg, betakaroten 4080,0 ug, vitamin B1 0,08 mg, vitamin B2 0,15 mg, niacin 0,7 mg, dan vitamin C 76,7 mg.
Bahkan dalam sebuah penelitian di Jepang, bayam muda dimasak dan airnya dicampur madu, ramuan itu bisa menyembuhkan keputihan pada wanita, gangguan lever, dan gangguan saluran pencernaan macam sembelit dan tukak lambung.
Walaupun besar manfaatnya, bayam tetap memiliki keterbatasan. Kelemahan bayam terletak pada saat proses pengolahannya. Kita tidak boleh memasak sayur bayam dengan panci alumunium, seng ataupun bahan yang berbahan logam besi yang tinggi. Alumunium bisa menyebabkan racun karena bereaksi dengan zat besi yang terkandung di dalam bayam.
Lebih dari itu, kita juga tidak boleh mengonsumsi sayur bayam kalau sudah lewat dari lima jam sejak dimasak. Dan seperti sayuran lain, bayam juga tidak baik bila dimasak terlalu lama di atas api karena menyebabkan gizinya banyak yang terbuang.
Mengetahui hal diatas, baru sadar juga akan pentingnya sayuran  bayam dan kol bagi kesehatan kita. Setidaknya ada beberapa hal yang patut kita ingat guna menjaga kesehatan kita lebih baik.
  1. Ingatlah kebutuhan kita akan sayuran pada pola makan kita, termasuk beberapa jenis sayuran lainnya. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, tentunya akan sangat besar sekali manfaatnya bagi metabolisme dan vitalitas tubuh kita.
  2. Sayuran seperti bayam dan kol, setidaknya bisa jadi alternatif sederhana dan efektif bagi penderita sakit pada lambung, terutama tukak lambung.
  3. Pengolahan dan penyajian sayuran seperti bayam dan kol, ternyata memang harus diperlukan cara khusus dalam waktu yang tepat pula. Hal ini guna menjaga kandungan nutrisi agar lebih banyak dapat menjadi asupan gizi bagi tubuh kita.
  4. Yang terakhir. Sayuran terkadang dipandang sebelah mata, mulai saat ini pergiat makan sayuran.
Go go … Mari kembangan pola hidup sehat !
Semoga artikel Jus Bayam dan Kol, efektif mengatasi sakit pada Lambung bermanfaat bagi semua …
Sumber :
http://www.ahlinyalambung.com/?q=content/tukak-lambung-bisa-sembuh-dengan-jus-bayam